Smaller Default Larger

Kongflakes (Singkong Flakes) Pengganti Sarapan Bernutrisi Tinggi

Ditulis oleh: Admin | 16 Juli 2018


Indonesia tercatat sebagai negara penghasil singkong terbanyak ketiga setelah Nigeria dan Brazil. Petani singkong di Karadenan sebagian besar mengolah singkong menjadi tepung tapioka, padahal singkong bisa dibuat menjadi tepung singkong yang lebih bernilai dibandingkan tepung tapioka.

Berdasarkan penelitian tahun 2016, tepung singkong lebih kaya akan nutrisi dibandingkan tepung tapioka. tepung singkong mengandung lemak sebesar 1,21%, protein 2,59%, karbohidrat 87%, dan serat pangan 3,37%, sedangkan tepung tapioka mengandung lemak sebesar 0,5%, protein 1,1%, karbohidrat 79,5%, dan serat pangan 0,9%.

Dalam hal ini menjadi acuan bahwa tepung singkong dapat digunakan sebagai pengganti tepung terigu, yang selama ini menjadi raja dalam pembuatan berbagai jenis makanan terutama makanan untuk sarapan seperti roti dan sereal.


Keunggulan lain yang dimiliki oleh tepung singkong adalah bebas dari gluten, yaitu suatu protein yang tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang berkebutuhan khusus karena akan mengakibatkan kondisi yang hiperaktif.

Berdasarkan kondisi-kondisi diatas, penelitian ini dilakukan oleh Diana Widiastuti, sehingga Program Studi Kimia Universitas Pakuan tahun 2017 melakukan pembinaan kepada masyarakat di Kelurahan Karadenan untuk membuat produk yang berbahan dasar tepung singkong yaitu Kongflakes (Singkong Flake).

Kongflakes ini merupakan produk alternatif sarapan sebagai pengganti sereal, oleh karena itu bisa dikonsumsi dengan penambahan susu. sehingga Kongflakes ini bisa dikonsumsi oleh semua usia dari balita sampai lansia, bahkan orang berkebutuhan khusus. (Diana Widiastuti)

Profile Prodi Kimia

Panduan Pembayaran

Layanan PMB

     

PENDAFTARAN    PROSEDUR PMB


     

PEMBAYARAN       BROSUR PMB

Link Terkait

 
Kritik & Saran Email:
kimia[at]unpak.ac.id

Hubungi Kami

Alamat
Gedung MIPA 1 Universitas Pakuan
Jalan Pakuan PO. BOX 452 Ciheuleut Bogor

Informasi
E-Mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Telp./Fax : (0251) 8375547

 
 Situs FMIPA Universitas Pakuan
https://fmipa.unpak.ac.id